[Menjadi "Yahudi" dan "Nasrani" Tanpa Sedar]
Walaupun seseorang beragama Islam dan tidak masuk agama Yahudi atau
Nasrani secara zahir, tapi seseorang boleh jadi mengikut jejak langkah
mereka, tanpa perlu memasuki agama mereka.
Ada orang yang
dijangkiti penyakit "Denial Disorder". Sikit-sikit salahkan Yahudi dan
Nasrani, walaupun sebenarnya yang salah itu ummat sendiri.
Dari Shahih Muslim (Imam Muslim ), Kitab Ilmu , Bab 3: Mengikuti sunah orang-orang Yahudi dan Nasrani:
حَدَّثَنِي سُوَيْدُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ مَيْسَرَةَ
حَدَّثَنِي زَيْدُ بْنُ أَسْلَمَ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ عَنْ أَبِي
سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَتَتَّبِعُنَّ سَنَنَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ
شِبْرًا بِشِبْرٍ وَذِرَاعًا بِذِرَاعٍ حَتَّى لَوْ دَخَلُوا فِي جُحْرِ
ضَبٍّ لَاتَّبَعْتُمُوهُمْ قُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ آلْيَهُودَ
وَالنَّصَارَى قَالَ فَمَنْ
و حَدَّثَنَا عِدَّةٌ مِنْ أَصْحَابِنَا
عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي مَرْيَمَ أَخْبَرَنَا أَبُو غَسَّانَ وَهُوَ
مُحَمَّدُ بْنُ مُطَرِّفٍ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ بِهَذَا الْإِسْنَادِ
نَحْوَهُ قَالَ أَبُو إِسْحَقَ إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي مَرْيَمَ حَدَّثَنَا أَبُو
غَسَّانَ حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ أَسْلَمَ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ
وَذَكَرَ الْحَدِيثَ نَحْوَهُ
Hadis riwayat Abu Said Al-Khudri رضي
الله عنه, ia berkata:Rasulullah صلی الله عليه وسلم bersabda: Sungguh
kamu sekalian akan mengikuti sunah orang-orang sebelum kamu sejengkal
demi sejengkal dan sehasta demi sehasta, sehingga walaupun mereka
memasuk ke dalam sarang biawak kamu sekalian pun akan mengikuti mereka.
Kami bertanya: Wahai Rasulullah! Orang-orang Yahudi dan orang-orang
Nasrani? Beliau menjawab: Lalu siapa lagi selain mereka.
Hayati makna Surah Al-Fatihah:
Syeikh Al-Utsaimin dalam kitab tafsirnya menyebutkan:
Maksud غَيرِ المَغضُوبِ عَلَيهِمْ (“Bukan jalan orang-orang yang Engkau murkai”) adalah:
1. Orang Yahudi
2. Atau sesiapa saja yang mengetahui kebenaran, tetapi tidak melakukannya.
Maksud وَلاَ الضَّالِّينَ (“Dan bukan pula jalan orang-orang yang sesat.”) adalah:
1. Orang Nasrani sebelum diutuskan Nabi Muhammad s.a.w.
2. Dan juga semua orang yang mengerjakan bukan kebenaran karena tidak mengetahui kebenaran itu.
Dari Shahih Muslim (Imam Muslim ), Kitab Ilmu , Bab 3: Mengikuti sunah orang-orang Yahudi dan Nasrani:
حَدَّثَنِي سُوَيْدُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ مَيْسَرَةَ حَدَّثَنِي زَيْدُ بْنُ أَسْلَمَ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَتَتَّبِعُنَّ سَنَنَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ شِبْرًا بِشِبْرٍ وَذِرَاعًا بِذِرَاعٍ حَتَّى لَوْ دَخَلُوا فِي جُحْرِ ضَبٍّ لَاتَّبَعْتُمُوهُمْ قُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ آلْيَهُودَ وَالنَّصَارَى قَالَ فَمَنْ
و حَدَّثَنَا عِدَّةٌ مِنْ أَصْحَابِنَا عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي مَرْيَمَ أَخْبَرَنَا أَبُو غَسَّانَ وَهُوَ مُحَمَّدُ بْنُ مُطَرِّفٍ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ بِهَذَا الْإِسْنَادِ نَحْوَهُ قَالَ أَبُو إِسْحَقَ إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي مَرْيَمَ حَدَّثَنَا أَبُو غَسَّانَ حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ أَسْلَمَ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ وَذَكَرَ الْحَدِيثَ نَحْوَهُ
Hadis riwayat Abu Said Al-Khudri رضي الله عنه, ia berkata:Rasulullah صلی الله عليه وسلم bersabda: Sungguh kamu sekalian akan mengikuti sunah orang-orang sebelum kamu sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta, sehingga walaupun mereka memasuk ke dalam sarang biawak kamu sekalian pun akan mengikuti mereka. Kami bertanya: Wahai Rasulullah! Orang-orang Yahudi dan orang-orang Nasrani? Beliau menjawab: Lalu siapa lagi selain mereka.
Hayati makna Surah Al-Fatihah:
Syeikh Al-Utsaimin dalam kitab tafsirnya menyebutkan:
Maksud غَيرِ المَغضُوبِ عَلَيهِمْ (“Bukan jalan orang-orang yang Engkau murkai”) adalah:
1. Orang Yahudi
2. Atau sesiapa saja yang mengetahui kebenaran, tetapi tidak melakukannya.
Maksud وَلاَ الضَّالِّينَ (“Dan bukan pula jalan orang-orang yang sesat.”) adalah:
1. Orang Nasrani sebelum diutuskan Nabi Muhammad s.a.w.
2. Dan juga semua orang yang mengerjakan bukan kebenaran karena tidak mengetahui kebenaran itu.
No comments:
Post a Comment