Tuesday 13 August 2013

Bismillaah.

Jika seseorang mengerti ADAB-ADAB dalam persahabatan, maka mereka akan sedar betapa besarnya NIKMAT tersebut yang telah mereka dapatkan namun sedikit sekali orang yang bersyukur dengan nikmat tersebut.

Firman Allah Jalla wa ‘ala:

“... dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya ...” [Aali Imraan: 103]

Hendaknya sesama saudara kita, saling kasih mengasihi dan tolong menolong di dalam kebaikkan dan saling berwasiat serta nasihat-menasihati dgn kebaikkan (amar ma‘ruf nahi mungkar). 

Jangan seperti kaum jahiliah, kita saling berselisih, saling menjatuhkan, saling berpaling wajah dan saling meninggalkan di antara satu dgn yg lain sekalipun pada saudara kita ada suatu perkara yg kita INGKARI (tidak disukai).[*]

Wallahu a‘lam.

# Faedah daripada Al-Ustadz Abu Mu‘awiyah Askari ~hafidzahullah~, dalam pembahasan kitab Adabul 'Isyrah wa Dzikru ash-Shuhbah wal Ukhuwwah (Adab Memperlakukan Orang Lain) karya Abul Barakat al-Ghazzi ~rahimahullah~.

No comments: