Wednesday 24 July 2013

AKIBAT BURUKNYA PEMAHAMAN :::

BID’AH yang pertama muncul seperti KHAWARIJ (dan berbagai kelompok sesat yg lan), sebetulnya disebabkan karena BURUKNYA PEMAHAMAN mereka terhadap Al-Quran dan As-Sunnah.

» Umumnya mereka mengatas namakan tindakan mereka di atas prinsip AMAR MA’RUF NAHI MUNGKAR, namun mereka akhirnya mengkafirkan kaum muslimin secara SERAMPANGAN dan menumpahkan darah-darah kaum muslimin.

» Di sinilah asal kejahatan mereka, BURUKNYA PEMAHAMAN baik dari sisi ILMU mahupun dari sisi ISTIDLAL sehingga mereka melegalkan KESESATAN mereka sendiri.

~Allahu musta‘aan~

Di sisi yg lain, ada sebagian kelompok yg lain yg mengatas namakan tindakan mereka atas prinsip AMAR MA’RUF NAHI MUNGKAR untuk MENTABDI’ dan MENTAFSIQkan kaum muslimin, namun kerana BURUKNYA PEMAHAMAN, akhirnya mereka juga terjatuh dalam MENTABDI’, MENTAFSIQ dan TAHZIB kaum muslimin dengan SERAMPANGAN.

» Ini juga adalah KEJAHATAN yg semisal dengan golongan KHAWARIJ td. Kerosakannya tidak kurang buruknya.

» Dan yg menjadi mangsa mereka termasuklah AHLUSSUNNAH. Mereka menyangka telah memiliki ILMU yg cukup, namun pada hakikatnya mereka bukanlah ahlinya, dan mereka bertindak sendirian dengan mengandalkan ILMU yg mereka miliki. Tidak mengembalikannya kepada para ULAMA dan ahlul ilmu yg memiliki keahlian dlm perkara yg berkenaan.

Demikianlah SEMANGATNYA mereka dlm menjalankan AMAR MA’RUF NAHI MUNGKAR namun bertindak sehingga melampaui batas.

---

Hati-hati ya ikhwan, jangan kita mengandalkan kepada KEPANDAIAN diri kita sendiri. Kembalikanlah setiap permasalahan, khususnya permasalahan yg besar ini (TAKFIR/TABDI’/TAFSIQ/TAHZIB) ini kepada ahlinya. Sekalipun kita memiliki ilmunya, namun janganlah kita bertindak terburu-buru tanpa mengikuti BIMBINGAN ULAMA dan ASATIDZAH kita khususnya ketika menyikapi seorang da‘i ahlussunnah yang terjatuh pada sebuah kesalahan/penyimpangan.

Wallahu a‘lam.

Semoga nasihat ini bermanfaat buat diri ana peribadi dan buat saudara-saudaraku sekalian.


Oleh Ustaz Abu Aisyah...

No comments: